Mengusung Tema Hidup 100 persen di Era New Normal, Sadar Sehat, Produktif Tanpa Narkoba, Bupati Joncik Ikuti Peringatan HANI 2021 Secara Virtual

Empat Lawang | Elmadani.co.id-Pemkab Empat Lawang  mengikuti acara Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021 secara virtual di Aula Kantor BNN Empat Lawang, Senin (28/6).

Kegiatan secara virtual tersebut diikuti Bupati Empat Lawang H. Joncik Muhammad, SSI SH MM MH, Ketua DPRD Empat Lawang Persi SE, Kepala BNNK Empat Lawang  AKBP Syahril SH MM, Kepala OPD terkait, dan tamu undangan lainnya.

Hari ini bertempat di kantor BNN Kabupaten Empat Lawang, saya bersama jajaran Forkopimda mengikuti rangkaian Peringatan HANI 2021, “Kami tentu memiliki tekad yang sama kuat untuk berperang melawan narkoba di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati yang insyaAllah menuju Empat Lawang Madani,’ungkap Joncik kepada Media Elmadani.co.id, Senin, 28/06/2021.

Acara Peringatan HANI 2021 secara Nasional melalui virtual dibuka Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dari Istana Negara, Jakarta.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam sambutannya meminta BNN melakukan langkah-langkah strategis dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan obat-obatan terlarang (narkoba) di tanah air.

“Saya minta kepada BNN RI yang merupakan leading sektor dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) untuk melakukan langkah-langkah strategis” tegas Wapres.

Terkait hal itu, Wapres memaparkan empat langkah strategis yang dapat ditempuh BNN dalam rangka melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) P4GN Tahun 2020-2024.

Pertama, memperkuat intervensi ketahanan keluarga, mengedukasi secara dini kepada anak-anak dan masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, serta mendorong partisipasi lembaga terkait, lembaga pendidikan dan organisasi serta kelompok masyarakat.

Kedua, mengintervensi daerah bahaya narkoba agar menjadi daerah yang bersih dari penyalahgunaan narkoba. Ketiga, meningkatkan penyediaan layanan rehabilitasi melalui intervensi berbasis masyarakat, meningkatkan dan mempertahankan kualitas layanan rehabilitasi sesuai standar nasional yang didukung dengan peningkatan kualitas SDM dalam pelaksanaan rehabilitasi.

“Terakhir, keempat yakni memperkuat dan memperluas jejaring kerjasama pencegahan dan pemberantasan narkotika baik pada level dalam negeri, domestik, maupun internasional,”kata Wapres.
Menurut Wapres bahwa langkah-langkah strategis RAN P4GN ini hanya akan berjalan secara optimal apabila dilakukan melalui kerja bersama dengan seluruh komponen bangsa.

“RAN P4GN ini akan dapat berjalan secara optimal dengan adanya kerja inklusif dan kolaborasi dari Kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan seluruh komponen masyarakat Indonesia,” tandasnya.

Usai kegiatan, Kepala BNNK Empat Lawang  AKBP Syahril SH MM  melakukan pemaparan tentang Pilot Project Desa Bersinar dan Implementasi RAN Inpres Nomor 2 Tahun 2020 dilanjutkan penyerahan penghargaan RAN oleh Bupati Empat Lawang kepada lembaga/Instansi yang responsif terhadap kebijakan P4GN .

Setiap tanggal 26 Juni tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Anti Narkotika Internasional (HANI). Hari ini serentak diperingati secara global (dunia).

“Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) dilakukan untuk memperkuat aksi dan kerja sama secara global. Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba,”ungkap Joncik.

Joncik menambahkan, “Dengan adanya situasi saat ini kita harus tetap mempunyai tekad dan semangat untuk pantang menyerah, bergotong royong, dan mempunyai empati dalam menghadapi situasi pandemi ini.Sehingga tahun 2021 ini peringatan HANI diselenggarakan dengan menggunakan teknologi secara virtual, namun tidak mengurangi kekhidmatan dan tujuan mulia dalam memberantas narkoba di Indonesia,”ungkapnya.

Waspadalah Hindari Narkoba !!!

Sekali terjebak narkoba, sengsara hadir dalam kehidupan Anda.

Jika ingin hidup bahagia, jangan gunakan narkoba

Mendekati narkoba sama dengan mendekati kematian

Kita bisa hebat tanpa narkoba. Selamat Hari Anti Narkotika Internasional.

(Penulis & Editor : Adjie Satria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.