Tegakkan Perbup Muaro Jambi No.51 Polsek Kumpeh Ulu Polres Muaro Jambi Giatkan Razia

MUARO JAMBI | ELMADANI.CO.ID-Untuk mencegah penyebaran covid-19 di wilayah Provinsi  Jambi , anggota Polsek Kumpeh Ulu Polres Muaro Jambi  tergabung bersama Anggota TNI Koramil Kumpeh  dan Muspika Kumpeh  melaksanakan razia kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker Desa Solok Kecamatan  Kumpeh Ulu,Selasa 29/9/2020 Siang


Kegiatan razia yang bertajuk Operasi Yustisi ini merupakan operasi pendisiplinan protokol kesehatan kepada masyarakat agar selalu menerapktan protokol kesehatan diantaranya menggunakan masker saat keluar rumah.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menertibkan dan mendisiplinkan masyarakat agar selalu menggunakan masker saat keluar rumah serta menghimbau masyarakar agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan lainya untuk mencegah penyebaran covid – 19.
Saat melaksanakan razia, anggota Polsek Kumpeh Ulu menghimbau masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam masa adaptasi kebiasaan baru utamanya selalu menggunakan masker saat beraktifitas/keluar rumah, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.


Dalam melaksanakan razia, anggota Polsek Kumpeh Ulu Polres Muaro Jambi juga selalu mengutamakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak untuk mencegah penyebaran covid-19.

Sementara itu ditemui ditempat terpisah, Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto, S.I.K.,M.H., melalui Kapolsek Kumpeh Iptu M. Rafisal  mengatakan bahwa kegiatan razia yang menyasar masyarakat yang tidak menggunakan masker sangat perlu dilakukan untuk mengedukasi masyarakat betapa pentingnya menggunakan masker saat beraktifitas.


“Adanya razia ini tentunya akan mendisiplinkan masyarakat untuk selalu menggunakan masker ditengah pandemi seperti sekarang ini,” ucap Kapolsek.

 Kegiatan yang dipimpin langsung Kapolsek Iptu M Rafisal ini didukung beberapa personel diantaranya, POLRI = 6 Personil, TNI = 1 Personil, Kesehatan Puskesmas Kasang Pudak = 1 Personil, Kasi Trantib/ Kec Kumpeh Ulu = 1 Personil, Perangkat Desa Kasang Solok = 1 Personil.

Operasi Yustisi tersebut dalam rangka penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19), di Kabupaten Muaro Jambi.

Iptu M. Rafisal  menyampaikan, Pemkab telah berupaya membuat Perbup nomer 51 tahun 2020 yang berorientasi untuk melakukan edukasi dan mentransformasikan pentingnya pakai masker.

” Sanksi yang diterapkan kepada masyarakat itu merupakan usaha terakhir dari pemerintah dan Forkopimda untuk menjadikan masker sebagai pola hidup baru yang normal, ” kata Kapolsek Kumpeh Iptu M. Rafisal kepada Media Elmadani saat di bincangi Kabiro Elmadani Kabupaten Muaro Jambi, Gunardi Nasution SE, Rabu 29/09/2020.

Menurutnya, kecintaan pemerintah terhadap seluruh elemen masyarakat diwujudkan dengan melalui penegakan kedisiplinan menggunakan masker. Forkopimda dan jajaran pemerintah akan terus menerus melakukan sosialisasi yang lebih masif kepada masyarakat tentang Perbup tersebut.

” Perbup ini untuk dilaksanakan bersama-sama dalam rangka memberikan perlindungan sebagai bentuk kecintaan pemerintah kepada elemen masyarakat sambil lalu kita berdoa semoga masyarakat Muaro Jambi terlindungi dari Covid-19,” papar Kapolsek yang ramah dan mudah bergaul dengan cirri khas gaya polisi professional tersebut.

Lebih jauh, dia  mengatakan, Operasi Yustis tersebut akan terus berlanjut, bahkan seluruh Forkopimda akan mendapat jadwal giliran untuk memimpin dan berbagi tugas dalam menegakkan disiplin. Agar langkah tersebut bisa memutus mata rantai Covid-19.

“Kira-kira bahasa pendeknya seperti ini masker kita melindungi diri kita semua, mencuci tangan juga melindungi kita dan jaga jarak juga melindungi kita. Sayangi diri kita, keluraga kita dan tetangga kita serta ayo kita cintai Muaro Jambi dengan cara pakai masker, jaga kesehatan, cuci tangan dan menjaga jarak,” tuturnya.

Sanksi yang diterapkan dalam Perbup tersebut, tambah M. Rafisal  yaitu berupa uang. Namun, nominal yang akan ditanggung oleh pelanggar akan disesuaikan dengan motif pelanggarannya.

“Sanksinya maksimal 100 ribu itu untuk masyarakat, tapi bisa saja ada yang keputusannya itu misalnya, kalau ditaruh di bawah dagu bisa 5 ribu tapi kalau tidak menggunakan masker bisa 20 dan itu nanti tergantung hakim,” ungkapnya.

“Juga ada sangsi  lain lain yang akan ditegakkan seperti, Push Up, atau menyapu jalan atau tempat umum lainnya, menyanyikan Indonesia Raya atau menghafal Pancasila”,tambahnya.

Rafisal sapaannya berharap, masyarakat bisa mematuhi dan tetap menggunakan masker dalam rangka memberikan perlindungan kesehatan, memberikan perlindungan bebas dari covid dan mendorong cuci tangan serta menjaga jarak dengan elemen masyarakat yang lain.

“Harapan kita adalah ekonominya semakin tumbuh, masyarakatnya semakin makmur, sehat dan terbebas dari Covid-19,” tutupnya. (HUMAS | GUNARDI NASUTION)

3 thoughts on “Tegakkan Perbup Muaro Jambi No.51 Polsek Kumpeh Ulu Polres Muaro Jambi Giatkan Razia

  1. Saya setuju sekali pak… 🚓🚔Jgn kendor semoga dgn demikian masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan 🚑secara bersama-sama 🙏👍👍👍🙏 Bravo polsek kumpeh ulu🇮🇩

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.